Pengembangan Silabus yang Baik

October 17, 2011

Untuk mendapatkan silabus yang baik, tentunya kita harus mempunyai langkah-langkah jitu dalam menyusun dan Mengembangkan Silabus untuk setiap mata pelajaran. Nah, kali ini saya akan memberikan 6 Point Pengembangan Silabus yang baik dan benar menuurut sumber yang saya dapatkan(1)

Pengembangan Silabus
  1. Pengembangan silabus dapat dilakukan oleh para guru secara mandiri atau berkelompok dalam sebuah sekolah atau beberapa sekolah, kelompok Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) atau pada Kelompok Kerja Guru (KKG), dan Dinas Pendidikan. (nah, disini kita bisa mengambil opsi berkelompok, agar banyak ide dan ilmu yang masuk dalam pengembangan silabus tersebut)
  2. Disusun secara mandiri oleh guru apabila guru yang bersangkutan mampu mengenali karakteristik siswa, kondisi sekolah, dan lingkungannya.
  3. Apabila guru mata pelajaran karena sesuatu hal belum dapat melaksanakan pengembangan silabus secara mandiri, maka pihak sekolah dapat mengusahakan untuk membentuk kelompok guru mata pelajaran untuk mengembangkan silabus yang akan digunakan oleh sekolah tersebut.
  4. Di SD/MI semua guru kelas, dari kelas I sampai dengan kelas VI, menyusun silabus secara bersama.
  5. Sekolah yang belum mampu mengembangkan silabus secara mandiri, sebaiknya bergabung dengan sekolah-sekolah lain melalui forum MGMP/KKG untuk bersama-sama mengembangkan silabus yang akan digunakan oleh sekolah-sekolah dalam lingkup MGMP/KKG setempat.
  6. Dinas Pendidikan setempat dapat memfasilitasi penyusunan silabus dengan membentuk sebuah tim yang terdiri dari para guru berpengalaman dalam bidangnya masing-masing (BSNP, 2006: 15).
Sebelum mengembangkan silabus, ada baiknya guru-guru memahami terlebih dahulu Pengertian Silabus dan juga Prinsip Pengembangan Silabus
Pengembangan silabus secara Umum diatas saya ambil dari :
Penyusunan Siillabus dan Rencana Pellaksanaan Pembellajaran (RPP) Matematiika SD dalam Rangka Pengembangan KTSP Dicetak oleh Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika Tahun 2008, Penulis : Dra. Supinah
Ingin Tulisan Seperti Pengembangan Silabus yang Baik, info beasiswa, berita lowongan CPNS terbaru langsung masuk ke email anda? Bergabunglah dengan ribuan orang yang telah berlangganan GRATIS hanya di Perangkat Pembelajaran

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Baca Dulu Sebelum Komentar :
1. Gunakan Anonymous jika tidak mempunyai Blog/Web
2. Gunakan Nama/Url Jika Mempunyai Web/Blog
3. Gunakan Google Account Jika Sobat Blogger Juga
Selamat Menikmati Menu Kami........