Gaji Guru Honorer bak Umar Bakri

February 20, 2012

Guru Honorer sekarang kalau diibaratkan sama dengan Guru PNS tempoe doeloe yg di gambarkan dengan sebuah lagu dengan judul Guru Oemar Bakrie oleh bang Iwan Fals. Sedikit mengingat inilah lirik lagu Guru Umar bakri karya Iwan fals yang kala itu sangat Fenomenal,

"Umar Bakri, Umar Bakri
Pegawai negeri
Umar Bakri Umar Bakri
Empat puluh tahun mengabdi
Jadi guru jujur berbakti memang makan hati
Umar Bakri Umar Bakri
Banyak ciptakan menteri
Umar Bakri
Profesor dokter insinyurpun jadi
(Bikin otak orang seperti otak Habibie)
Tapi mengapa gaji guru Umar Bakri
Seperti dikebiri"

Demo Guru Honor 
Secara matematis, tak mungkin seorang Guru Honorer mampu memenuhi kebutuhan hidupnya hanya dengan mengandalkan upah yang sangat kecil. Sudah saatnya pemerintah memberikan perhatian lebih pada guru honorer! Berbeda dengan Guru PNS yang baru-baru ini mendapatkan Kenaikan gaji.

Diberitakan sebelumnya pada kompas.com (Senin, 20 Februari 2012), ribuan guru honor berunjuk rasa untuk menuntut Presiden Susilo Bambang Yudhoyono segera menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) tentang Pengangkatan Guru Honorer.

Saefulloh, yang telah 20 tahun menjadi guru honorer di SMPN 1 Karang Tengah, Garut, Jawa Barat, mengaku dipaksa bertahan hidup dengan upah yang jauh dari kata layak.. Umumnya, kata dia, upah yang diterima para guru honorer di Provinsi Garut hanya berkisar ratusan ribu rupiah.
"Upah guru honorer antara seratus ribu (Rp.100.000,-), dan yang tertinggi hanya tiga ratus ribu (Rp.300.000,-) sebulan. Tentu tidak cukup," kata Saefulloh saat ditemui Kompas.com di lokasi unjuk rasa guru honorer di depan Istana Negara, Jakarta, Senin (20/2/2012).
Ditambahkannya, ia bersama seluruh guru honorer lainnya bertekad akan terus bertahan di lokasi unjuk rasa sampai tuntutan mereka dipenuhi. Alasannya, kata Saefulloh, para guru honorer telah kehilangan banyak kesabaran dari saat pertama kali PP tersebut dicetuskan pada Januari 2011.

"Kami sudah cukup sabar. Sejak setahun lalu dijanjikan PP akan ditandatangani pada Desember 2011, kemudian mundur ke Januri 2012. Tetapi sampai hari ini belum juga terealisasi. Kami optimistis. Kami akan tidur di sini sampai PP itu ditandatangani," ungkapnya.

Dijelaskan olehnya, PP tentang Pengangkatan Guru Honorer itu akan mengatur mekanisme pengangkatan guru honorer di seluruh Indonesia. Karena sampai saat ini, nasib guru honorer tidak pernah jelas soal kapan dan bagaimana mekanisme pengangkatannya.

"Nasib kami akan seperti apa, nasib mereka sebagai guru Honorer belum jelas. Apakah otomatis diangkat atau melewati tes. Itulah mengapa kami mendesak Presiden segera menandatangani PP tersebut," pungkasnya.

Bagaimana pendapat anda tentang Gaji guru Honorer ini? solusi yang bagaimanakah yang paling tetap untuk mereka agar mendapatkan hidup yang layak seperti mereka yg sudah diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil, tak pandang PNS atau Honor tetap mempunyai tugas yang sama di sekolah, yaitu sama-sama mendidik.

Punya Opini Tentang Pendidikan? kirimkan tulisan anda ke arye@math.com

Image source : http://edukasi.kompas.com/read/2012/02/20/1152350/Guru.Honorer.Kami.Sudah.Cukup.Sabar
Ingin Tulisan Seperti Gaji Guru Honorer bak Umar Bakri, info beasiswa, berita lowongan CPNS terbaru langsung masuk ke email anda? Bergabunglah dengan ribuan orang yang telah berlangganan GRATIS hanya di Perangkat Pembelajaran

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Baca Dulu Sebelum Komentar :
1. Gunakan Anonymous jika tidak mempunyai Blog/Web
2. Gunakan Nama/Url Jika Mempunyai Web/Blog
3. Gunakan Google Account Jika Sobat Blogger Juga
Selamat Menikmati Menu Kami........