Standar Kompetensi Lulusan Satuan Pendidikan

February 20, 2012

Standar Kompetensi Lulusan Satuan Pendidikan
Standar Kompetensi Lulusan apaan ya sebenarnya fungsinya? kalau belum tau Standar Kompetensi Lulusan itu digunakan sebagai pedoman penilaian dalam menentukan kelulusan peserta didik, baik untuk SD, SMP maupun SMA/SMK.

Standar Kompetensi Lulusan tersebut meliputi standar kompetensi lulusan minimal satuan pendidikan dasar dan menengah, standar kompetensi lulusan minimal kelompok mata pelajaran, dan standar kompetensi lulusan minimal mata pelajaran.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 23 Tahun 2006 menetapkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Lampiran Permen ini meliputi :

Macam - Macam Standar Kompetensi Lulusan

  1. SKL Satuan Pendidikan & Kelompok Mata Pelajaran
  2. SKL Mata Pelajaran SD-MI
  3. SKL Mata Pelajaran SMP-MTs
  4. SKL Mata Pelajaran SMA-MA
  5. SKL Mata Pelajaran PLB ABDE
  6. SKL Mata Pelajaran SMK-MAK
Nah. untuk kali ini kita akan bahas dulu Standar Kompetensi Lulusan Satuan Pendidikan (SKL-SP) dikembangkan berdasarkan tujuan setiap satuan pendidikan, yakni :
  1. Pendidikan Dasar, yang meliputi SD/MI/SDLB/Paket A dan SMP/MTs./SMPLB/Paket B bertujuan : Meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut
  2. Pendidikan Menengah yang terdiri atas SMA/MA/SMALB/Paket C bertujuan : Meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
  3. Pendidikan Menengah Kejuruan yang terdiri atas SMK/MAK bertujuan : Meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya.
Sebenarnya masih banyak lagi Standar Kompetensi Lulusan Satuan Pendidikan secara lengkap yang telah disusun oleh BSNP, untuk itu silahkan Download selengkapnya File Standar Kompetensi Lulusan Satuan Pendidikan dengan link dibawah ini.
Standar Kompetensi Lulusan Satuan Pendidikan | Download.Pdf
Ingin Tulisan Seperti Standar Kompetensi Lulusan Satuan Pendidikan, info beasiswa, berita lowongan CPNS terbaru langsung masuk ke email anda? Bergabunglah dengan ribuan orang yang telah berlangganan GRATIS hanya di Perangkat Pembelajaran

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Baca Dulu Sebelum Komentar :
1. Gunakan Anonymous jika tidak mempunyai Blog/Web
2. Gunakan Nama/Url Jika Mempunyai Web/Blog
3. Gunakan Google Account Jika Sobat Blogger Juga
Selamat Menikmati Menu Kami........