Penghargaan Kelompok Pembelajaran Kooperatif

March 12, 2012

Model Pembelajaran Kooperatif yang secara umum metode pembelajaran dengan mengkoordinasi kelompok-kelompok belajar siswa yang pada dasarnya pembentukan kelompok kecil dari siswa tersebut memiliki Tujuan Pembelajaran Kooperatif itu sendiri. Berikut ini kita akan membahas Penghargaan Kelompok Model Pembelajaran Kooperatif.


1. Menghitung Skor Individu dan Skor Kelompok


Perhitungan skor tes individu bertujuan untuk menentukan nilai perkembangan individu yang disumbangkan sebagai skor kelompok. Nilai perkembangan individu dihitung berdasarkan selisih perolehan skor tes individu terdahulu dengan skor tes akhir. Dengan cara ini setiap anggota memiliki kesempatan yang sama untuk memberikan sumbangan skor maksimum bagi kelompoknya. Kriteria sumbangan skor kelompok bersumber dari (Slavin, dalam Isjoni 2010:53) seperti terlihat pada tabel 2.3 berikut :

Penghargaan Kelompok Model Pembelajaran Kooperatif


2. Memberikan Penghargaan Kelompok


Perhitungan skor kelompok dilakukan dengan cara menjumlahkan masing-masing perkembangan skor individu dan hasilnya dibagi sesuai jumlah anggota kelompok. Pemberian penghargaan diberikan berdasarkan perolehan skor rata-rata yang dikategorikan menjadi kelompok baik, kelompok hebat dan kelompok super. Menurut Isjoni (2010:54) adapun kriteria yang digunakan untuk menetukan pemberian penghargaan terhadap kelompok adalah sebagai berikut :
  1. Kelompok dengan skor rata-rata 15, sebagai kelompok baik. 
  2. Kelompok dengan skor rata-rata 20, sebagai kelompok hebat. 
  3. Kelompok dengan skor rata-rata 25, sebagai kelompok super.
Demikian sedikit ulasan bagaimana memberikan Penghargaan Kelompok Kooperatif, semoga dapat menjadi ilmu dalam menerapkan model pembelajaran ini di kelas masing-masing.
Ingin Tulisan Seperti Penghargaan Kelompok Pembelajaran Kooperatif, info beasiswa, berita lowongan CPNS terbaru langsung masuk ke email anda? Bergabunglah dengan ribuan orang yang telah berlangganan GRATIS hanya di Perangkat Pembelajaran

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Baca Dulu Sebelum Komentar :
1. Gunakan Anonymous jika tidak mempunyai Blog/Web
2. Gunakan Nama/Url Jika Mempunyai Web/Blog
3. Gunakan Google Account Jika Sobat Blogger Juga
Selamat Menikmati Menu Kami........