Instrumen Penelitian Tindakan Kelas

May 15, 2012

Dalam melakukan penelitian tindakan kelas tentunya kita harus mempunyai instrument penelitian untuk melaksanakan penelitian tersebut di kelas kita masing-masing, dalam hal ini penulis mencoba mengemukakan beberapa intrument penelitian yang biasa digunakan ketika seorang guru akan melaksanakan PTK, berikut ini beberapa contohnya.

Instrumen Penelitian Tindakan Kelas

3 Instrumen Penelitian Tindakan Kelas


a. Silabus dan Sistem Penilaian
Silabus dan sistem penilaian disusun berdasarkan prinsip yang berorientasi pada pencapaian kompetensi. Sesuai dengan prinsip tersebut maka silabus dan sistem penilaian mata pelajaran matematika memuat: identifikasi sekolah, standar kompetensi, kompetensi dasar, materi ajar, indikator, kegiatan pembelajaran, penilaian yang meliputi jenis tagihan, bentuk instrumen, dan contoh instrumen serta alokasi waktu, sumber belajar bahan atau alat. Pembuatan silabus dan sistem penilaian ini bertujuan agar peneliti mempunyai acuan yang jelas dalam melakukan tindakan selama jangka waktu tertentu.

b. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Rencana pelaksanaan pembelajaran disusun dengan memperhatikan langkah-langkah sesuai dengan metode pembelajaran yang akan diterapkan. RPP yang akan digunakan memuat: identitas (nama sekolah, mata pelajaran, kelas/semester, alokasi waktu, standar kompetensi, kompetensi dasar, dan indikator), materi pembelajaran, model dan metode pembelajaran, langkah-langkah kegiatan pembelajaran (kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir), alat/bahan/sumber belajar, dan penilaian (jenis tagihan, bentuk instrumen, dan instrumen).

c. Lembar Kerja Siswa (LKS)
Untuk setiap pertemuan membahas satu lembar kerja siswa. Setiap lembar kerja siswa memuat identitas (nama siswa, kelas/semester, tanggal dan alokasi waktu), standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, ringkasan materi, latihan terbimbing dan tugas.

3 instrument penelitian tindakan kelas diatas dapat saudara download di blog pendidikan ini. Semoga tulisan mengenai PTK diatas dapat bermanfaat untuk pendidikan kita, salam hangat dari saya yang menulis, Ari Ibnu Umar.
Ingin Tulisan Seperti Instrumen Penelitian Tindakan Kelas, info beasiswa, berita lowongan CPNS terbaru langsung masuk ke email anda? Bergabunglah dengan ribuan orang yang telah berlangganan GRATIS hanya di Perangkat Pembelajaran

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Baca Dulu Sebelum Komentar :
1. Gunakan Anonymous jika tidak mempunyai Blog/Web
2. Gunakan Nama/Url Jika Mempunyai Web/Blog
3. Gunakan Google Account Jika Sobat Blogger Juga
Selamat Menikmati Menu Kami........