Instrumen Pengumpulan Data PTK

May 18, 2012

Dalam penelitian tindakan kelas ada dua macam instrumen penelitian yang harus kita penuhi, yaitu Instrumen Pengumpulan Data PTK dan juga Instrumen Penelitian Tindakan Kelas, dua instrumen ini harus mampu kita bedakan, mana yang berfungsi untuk pengumpulan data dan mana instrumen untuk penelitian tindakan kelas.

Instrumen Pengumpulan Data PTK

Data yang dikumpulkan pada penelitian tindakan kelas adalah data tentang aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran berlangsung, kemudian data tentang hasil belajar siswa setiap kali setelah proses pembelajaran berakhir.

2 Contoh Instrumen Pengumpulan Data PTK


a. Lembar Pengamatan
Lembar pengamatan bertujuan untuk mengamati aktivitas guru dan siswa (secara klasikal) yang telah dilakukan dan kekurangan-kekurangan yang dilakukan oleh guru menurut model pembelajaran (yang kita ambil sebagai penelitian) sebagai acuan perbaikan pada siklus selanjutnya.

b. Tes Hasil Belajar Matematika
Data tentang hasil belajar matematika berfungsi untuk melihat ketercapaian hasil belajar siswa sesuai dengan KKM yang telah ditetapkan (sesuai dengan keadaan sekolah, daerah, dan siswa). Perangkat tes hasil belajar tersebut yaitu kisi-kisi soal ulangan harian, naskah soal ulangan harian, dan kunci jawabannya.

2 Instrumen Pengumpulan Data PTK diatas hanya sebagai contoh dalam melakukan penelitian tindakan kelas, saudara bisa berkreasi sendiri sesuai dengan teori yang ada mengenai PTK itu sendiri, ditambah dengan pengalaman selama mengajar di kelas masing-masing.
Ingin Tulisan Seperti Instrumen Pengumpulan Data PTK, info beasiswa, berita lowongan CPNS terbaru langsung masuk ke email anda? Bergabunglah dengan ribuan orang yang telah berlangganan GRATIS hanya di Perangkat Pembelajaran

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Baca Dulu Sebelum Komentar :
1. Gunakan Anonymous jika tidak mempunyai Blog/Web
2. Gunakan Nama/Url Jika Mempunyai Web/Blog
3. Gunakan Google Account Jika Sobat Blogger Juga
Selamat Menikmati Menu Kami........