Prinsip Pengelolaan Kelas

May 1, 2012

Dalam proses pembelajaran masalah kegiatan siswa adalah yang menjadi fokus perhatian. Adapun kegiatan yang guru lakukan tidak lain adalah untuk suatu upaya bagaimana lingkungan tercipta itu menyenangkan hati semua siswa dan dapat menggairahkan belajar siswa. Itu berarti tidak seorang guru pun yang ingin agar siswa tidak senang dan tidak bergairah dalam belajar, maka akan mengganggu kelancaran kegiatan pengajaran. Apalagi jika sebagian besar siswa tidak mau memperhatikan penjelasan yang diberikan guru, atau tidak mau mengerjakan tugas yang diberikan guru untuk materi pelajaran tertentu. Agar kegiatan pengajaran dapat merangsang siswa untuk aktif dan kreatif belajar maka diperlukan lingkungan belajar yang kondusif.

Prinsip-Prinsip Pengelolaan Kelas Yang Baik


Menurut Djamarah dan Zain (2006:185) prinsip-prinsip dalam pengelolaan kelas yaitu: 

a. Hangat dan antusias 
Guru yang hangat dan akrab dengan siswa selalu menunjukkan antusias pada tugasnya. 

b. Tantangan 
Penggunaan kata-kata, tindakan, cara kerja, atau bahan-bahan yang menantang akan meningkatkan gairah siswa untuk belajar. 

c. Bervariasi 
Dalam penggunaan alat atau media, atau alat bantu, gaya mengajar guru, pola interaksi antara guru dan siswa akan mengurangi munculnya gangguan, meningkatkan perhatian siswa. 

d. Keluwesan 
Keluwesan tingkah laku guru untuk mengubah strategi mengajar. 

e. Penekanan pada hal-hal positif 
Guru memberikan semangat dan dorongan terhadap siswa. 

f. Penanaman disiplin diri 
Mengembangkan disiplin diri dan siswa agar tujuan pembelajaran berhasil. 

Dari uraian di atas diperoleh suatu kesimpulan bahwa hasil belajar matematika siswa adalah suatu yang menjadi milik siswa berupa tingkat penguasaan/pemahaman setelah dilakukan proses pembelajaran dengan suasana belajar yang menyenangkan dengan menggunakan model pembelajaran dan memperhatikan strategi pengajaran serta prinsip-prinsip pengelolaan kelas. Enjoy Teaching Frensss...
Ingin Tulisan Seperti Prinsip Pengelolaan Kelas, info beasiswa, berita lowongan CPNS terbaru langsung masuk ke email anda? Bergabunglah dengan ribuan orang yang telah berlangganan GRATIS hanya di Perangkat Pembelajaran

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Baca Dulu Sebelum Komentar :
1. Gunakan Anonymous jika tidak mempunyai Blog/Web
2. Gunakan Nama/Url Jika Mempunyai Web/Blog
3. Gunakan Google Account Jika Sobat Blogger Juga
Selamat Menikmati Menu Kami........