Makalah Teknik Mengatasi Kesulitan Pengajaran Matematika

June 11, 2012

Dalam kehidupan sehari-hari kita selalu menghadapi banyak problem. Permasalahan-permasalahan itu tentu saja tidak semua merupakan permasalahan tematis, namun matematika memilki peran yang sentral dalam menjawab permaslahan keseharian itu. Tidak sedikit guru matematika yang merasa kesulitan dalam mengajar siswa bagaimana menyelesaikan problem matematika. Kesulitan itu lebih disebabkan satu pandangan yang mengatakan bahwa jawaban akhir dari permaslahan merupakan tujuan pembelajaran

Makalah Teknik Mengatasi Kesulitan Pengajaran Matematika


Selain pandangan diatas banyak siswa memandang pelajaran matematika sebagai bidang studi yang sangat sulit. Meski demikian semua orang harus mempelajarinya. Karena merupakan sarana untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. 

Menurut Erman ( 2001:28) matematika sebagi ratu atau ibunya ilmu, maksudnya adalah bahwa matematika adalah sebagai sumber ilmu yang lain. Matematika merupakan sarana yang amat penting untuk meningkatakan kemampuan dan keterampilan intelektual karena matematika merupakan salah satu ilmu dasar yang dapat membuat manusia berfikir logis dan sistematis . 

Menurut Subiyanto dalam Trianto ( 2010: 17 ) mendefenisikan mengajar adalah tidak lebih dari sekedar menolong para siswa untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan, sikap, serta ide dan apresiasi yang menjurus kepada perubahan tingkah laku dan pertumbuhan siswa. Sekarang ini sering kita jumpai banyak guru yang tidak dapat melaksanakan peran mereka sebagai guru, sehingga berakibat timbulnya kesulitan guru dalam pengajaran yang guru lakukan. Bila guru ingin pengajaran yang mereka lakukan tidak mengalami kesulitan maka hendaknya guru dapat mengoptimalkan peran guru dalam pengajaran. Karena guru dalam proses pembelajaran mempunyai peran yang sangat penting, bagaimanapun hebatnya kemajuan teknologi peran guru akan tetap diperlukan. Teknologi yang konon bias memudahkan manusia mencari dan memudahkan mendapatkan informasi dan pengetahuan tidak mungkin dapat menggatikan peran guru.

Pengen makalah pendidikan Teknik Mengatasi Kesulitan Pengajaran Matematika secara lengkap? silahkan dowload makalah pendidikan dibawah ini secara gratis, semoga manfaat.

Dowload Makalah : Pass (www.inforppsilabus.com)
Ingin Tulisan Seperti Makalah Teknik Mengatasi Kesulitan Pengajaran Matematika, info beasiswa, berita lowongan CPNS terbaru langsung masuk ke email anda? Bergabunglah dengan ribuan orang yang telah berlangganan GRATIS hanya di Perangkat Pembelajaran

Artikel Terkait

1 komentar:

  1. Terima kasih atas artikelnya.
    o iya selama saya jelajah mencari ilmu dengan blogwalking, menurut saya anda memiliki kelebihan tersendiri dari situs-situs lain dan jujur potensi anda juga sangat bagus, banyak juga ilmu yang saya pelajari disini jika ada waktu saya akan berkunjung lagi.



    #Semoga sehat selalu :D

    ReplyDelete

Baca Dulu Sebelum Komentar :
1. Gunakan Anonymous jika tidak mempunyai Blog/Web
2. Gunakan Nama/Url Jika Mempunyai Web/Blog
3. Gunakan Google Account Jika Sobat Blogger Juga
Selamat Menikmati Menu Kami........