Prinsip, Dasar Pengembangan Silabus

October 17, 2011

Bagaimana Prinsip, Dasar Pengembangan Silabus yang baik dan benar sesuai dengan BSNP? tentunya silabus tidak sembarangan dikembangkan oleh setiap guru. Ada prinsip dan dasar yang harus di ikuti dalam Pengembangan Silabus. Berikut ini akan saya jelaskan beberapa Prinsip Pengembangan Silabus.

Delapan Prinsip Pengembangan Silabus  

1. Ilmiah 
Keseluruhan materi dan kegiatan yang menjadi muatan dalam silabus harus benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan.

2. Relevan 
Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran, dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spiritual peserta didik.

3. Sistematis 
Komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.

4. Konsisten 
Adanya hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian.

5. Memadai 
Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.

6. Aktual dan Kontekstual 
Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian memperhatikan perkembangan ilmu, teknologi, dan seni mutahir dalam kehidupan nyata dan peristiwa yang terjadi.

7. Fleksibel 
Keseluruhan komponen silabus dapat mengakomodasikan keragaman peserta didik, pendidik, serta dinamika perubahan yang terjadi disekolah dan tuntutan masyarakat.

8. Menyeluruh 
Komponen silabus mencakup keseluruhan ranah kompetensi (kognitif, afektif, psikomotor) (BNSP, 2006: 14).

Gimana Prinsip pengembangan silabus diatas? tidak sulit jika kita serius dan sungguh-sungguh ingin menjadi guru yang selalu berusaha memberikan yang terbaik dalam proses pembelajaran, karena proses pembelajaran dimulai dengan pembuatan silabus yang baik dan benar sengihnampakgigi dan juga guru juga perlu tau Pengertian Silabus itu sendiri. Selamat merangcang silabus ya...
Ingin Tulisan Seperti Prinsip, Dasar Pengembangan Silabus, info beasiswa, berita lowongan CPNS terbaru langsung masuk ke email anda? Bergabunglah dengan ribuan orang yang telah berlangganan GRATIS hanya di Perangkat Pembelajaran

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Baca Dulu Sebelum Komentar :
1. Gunakan Anonymous jika tidak mempunyai Blog/Web
2. Gunakan Nama/Url Jika Mempunyai Web/Blog
3. Gunakan Google Account Jika Sobat Blogger Juga
Selamat Menikmati Menu Kami........