Rancangan Pembelajaran Quantum Teaching

May 3, 2012

Guru menciptakan kondisi dan situasi yang memungkinkan siswa membentuk makna dari bahan-bahan pelajaran melalui suatu proses belajar dan menyimpannya dalam ingatan yang sewaktu-waktu dapat diproses dan dikembangkan lebih lanjut. Proses pembelajaran yang demikian itu sesuai dengan kerangka rancangan belajar quantum teaching yang dikenal sebagai TANDUR (Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi, dan Rayakan).

Rancangan Pembelajaran Quantum Teaching

Kerangka model pembelajaran quantum teaching (Deporter, 2008:88)


a. TUMBUHKAN

Seorang guru harus mampu menciptakan suasana yang menyenangkan. Dengan suasana ini guru dapat menumbuhkan minat dan motivasi belajar siswa dengan memanfaatkan pengalaman siswa dalam kehidupan seharí-hari.

Menurut Sardiman (2009:75) mengatakan bahwa seseorang itu akan berhasil dalam belajar, kalau dalam dirinya sendiri ada keinginan untuk belajar dan keinginan untuk belajar ini perlu ada dorongan motivasi yang menyangkut dalam dua hal: (1) mengetahui apa yang dipelajari, dan (2) memahami mengapa hal tersebut patut dipelajari. Kemudian ia mengatakan bahwa hasil belajar itu akan optimal kalau ada motivasi yang tepat. Strategi: Sertakan pertanyaan, lakon pendek dan lucu, dan cerita.

b. ALAMI

Ciptakan atau datangkan pengalaman umum yang dapat dimengerti semua siswa. Siswa mengalami sendiri apa yang dilakukan dengan praktik langsung dalam menyelesaikan masalah. Strategi: Gunakan permainan dan beri mereka tugas individu/kelompok, susunan gambar dan kegiatan yang mengaktifkan pengetahuan yang sudah mereka miliki.

c. NAMAI

Setelah membuat siswa penasaran, penuh pertanyaan dengan pengalaman mereka. Saat inilah guru bersama siswa memberikan identitas. Mengurutkan dan mendefinisikan atas dasar pengetahuan dan keingintahuan siswa itu. Penamaan adalah saatnya untuk mengajarkan konsep keterampilan berfikir dan strategi belajar. Strategi: Gunakan alat bantu, kertas tulis dan poster di dinding.

d. DEMONSTRASIKAN

Sediakan kesempatan bagi siswa untuk menunjukkan bahwa mereka tahu. Siswa diberi peluang untuk menterjemahkan dan menerapkan pengetahuan mereka dalam pelajaran, sehingga siswa bisa menunjukkan dan menyampaikan kemampuannya telah didapat, dialami sendiri oleh siswa. Dengan demonstrasikan siswa akan mendapatkan kesan yang sangat berharga sehingga terpatri dalam hati.

Demonstrasi adalah proses melakukan dan mengalami sendiri (learning by doing and experiencing) apa-apa yang dipelajari (Syah, 2010:205). Strategi: Permainan, penjabaran dalam grafik, dan penerapan contoh-contoh soal.

e. ULANGI

Seusai siswa memperagakan sebagai bukti bahwa ia bisa melakukannya guru harus memastikan bahwa siswa itu benar-benar telah menguasainya.

Menurut Slameto (2010:85) mengulangi besar pengaruhnya dalam belajar, karena dengan adanya pengulangan (review) “bahan yang belum begitu dikuasai serta mudah terlupakan” akan tetap tertanam dalam otak seseorang. Selanjutnya, Sardiman (2009:44) menyatakan bahwa mengulangi suatu pekerjaan atau fakta yang sudah dipelajari, kemampuan para siswa untuk mengingat materi akan semakin bertambah. Mengulang atau memeriksa dan mempelajari kembali apa yang sudah dipelajari, maka kemungkinan untuk mengingat bahan pelajaran menjadi lebih besar. Strategi: Siswa mengulangi dalam bentuk latihan dan menyimpulkan isi materi.

f. RAYAKAN

Setelah siswa secara langsung bisa menunjukkan kebolehan mendemonstrasikan maka siswa saling memuji antar teman dengan memberikan tepuk tangan. Tepuk tangan merupakan penghormatan atas usaha dan kesuksesan mereka. Dan guru memberikan pujian, hadiah kepada siswa yang telah mampu menunjukkan bahwa ia bisa menyelesaikan tugas yang diberikan. Memberikan pujian adalah bentuk reinforcement yang positif dan sekaligus merupakan motivasi yang baik. Oleh karena itu, supaya pujian ini merupakan motivasi, pemberiannya harus tepat. Dengan pujian yang tepat akan memupuk suasana yang menyenangkan dan mempertinggi gairah belajar serta sekaligus akan membangkitkan harga diri (Sardiman, 2009:94). Strategi: Pujian, tepuk tangan, pamer di kelas, dan pemberian hadiah.
Ingin Tulisan Seperti Rancangan Pembelajaran Quantum Teaching, info beasiswa, berita lowongan CPNS terbaru langsung masuk ke email anda? Bergabunglah dengan ribuan orang yang telah berlangganan GRATIS hanya di Perangkat Pembelajaran

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Baca Dulu Sebelum Komentar :
1. Gunakan Anonymous jika tidak mempunyai Blog/Web
2. Gunakan Nama/Url Jika Mempunyai Web/Blog
3. Gunakan Google Account Jika Sobat Blogger Juga
Selamat Menikmati Menu Kami........